Skip to content

MENDENGKUR??? SAY GOOD BYE…..

24 Oktober 2009

MENDENGKUR???

SAY GOOD BYE…..

Banyak orang berpendapat bahwa seseorang yang tidur mendengkur berarti mereka tertidur pulas. Benarkah demikian? Dalam artikel ini kami mencoba menginformasikan kepada anda semua mengenai mendengkur saat tertidur.

Tidak sedikit orang yang sering mendengkur saat tertidur. Beberapa orang berpendapat bahwa mendengkur saat tertidur merupakan suatu kenikmatan saat tertidur. Tetapi, tidak sedikit orang yang merasa terganggu dengan suara dengkuran dari orang yang sedang tidur. Mendengkur merupakan masalah tidur yang bisa dialami pria dan wanita. Dan berdasarkan penelitian beberapa ahli kesehatan menunjukkan bahwa ternyata mendengkur merupakan salah satu gejala obstructive sleep apnea (OSA) yang dapat membahayakan keselamatan pa­sien, akibat tertutupnya aliran udara pada jalan pernafasan atas saat ti­dur. Orang dengan OSA kerap bangun saat tidur dengan perasaan tercekik akibat ti­dak dapat bernafas. Jika dilihat dari frekuensinya, mendengkur merupakan sebuah gangguan tidur yang bisa menimbulkan baik konsekuensi medis maupun sosial. Pasien OSA men­deng­kur dengan bunyi keras yang mengganggu, dan terjadi henti nafas di sela-sela mendengkur dan diakhiri dengan men­dengus. Pada siang hari, mereka yang me­ngalami OSA akan bangun dengan pera­sa­­an tidak segar, sakit kepala, dan teng­go­­ro­kan kering dan nyeri. Gejala lain, ada­lah excessive daytime sleepiness (EDS) atau kelelahan berkepanjangan, perubah­an kepribadian, serta gangguan konsentrasi dan memori. Keadaan ini sering dianggap keadaan sepele atau banyak yang kurang memperhatikan mengenai hal ini padahal dari segi kesehatan berarti ada sesuatu hal yang menyebabkan seseorang mendengkur saat tertidur.

Di kalangan pria, mendengkur adalah sebuah fenomena biasa terutama  di antara mereka yang berusia 60 tahun ke atas. Banyak faktor penyebab mendengkur, mulai dari hidung tersumbat, tonsil yang membesar hingga kista.  Akan tetapi yang lazim menyebkan pria usia pertengahan mendengkur adalah membran tenggokan yang mulai kendur dan melebar.

Tapi, sekarang ini telah banyak ditemukan beberapa cara yang dapat mengatasi masalah mendengkur. Mulai dari cara yang sederhana hingga melalui operasi bedah di rumah sakit. Cara-cara tersebut diantaranya yaitu :

  1. Jangan tidur telentang, Tidur menyamping mungkin dapat mencegah lidah dan daging yang menggantung dari langit-langit mulut jatuh menutup jalan napas.
  2. Kurangi berat badan, Salah satu faktor yang memicu terjadinya dengkuran adalah berat badan yang berlebihan. Jika Anda memiliki lipatan lemak disekitar leher, sebaiknya Anda harus segera menjalankan program diet. Karena, lipatan lemak disekitar leher membuat aliran udara menjadi terhambat dan membuat Anda mendengkur.
  3. Kurangi konsumsi alkohol dan pil tidur
  4. Hindari pemicu alergi
  5. Sediakan mouth guard
    1. Bersihkan lubang hidung Anda, jika hidung Anda terasa tersumbat, pertimbangkan upaya membersihkannya dengan obat semprot hidung yang dijual bebas.
    2. Naikkan posisi kepala dan pundak Anda.
      1. Coba memakai alat penahan leher, Tidur dengan posisi kepala yang agak tinggi membuat Anda lebih mudah bernafas.
      2. Memakai penahan lidah.
      3. Berhenti merokok
      4. Tidur teratur
      5. Periksakan ke dokter jika mendengkur saat hamil

Sedangkan terapi bedah dilakukan de­ngan berbagai metode yang disesuaikan dengan kondisi dan tingkat keparahan pe­nyakit. Beberapa teknik pembedahan ada­lah implant pillar, radiofrekuensi konka inferior, cautery assisted palatal stiffening operation-somnoplasty, uvulapalatofaring­oplasti, dan tongue base surgery.

http://m.kompas.com

health.howstuffworks.com

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: