Skip to content

Tumbuhan pun Bersaing dengan Lawannya

25 Oktober 2009
OTTAWA – Tumbuhan memang tidak bisa melihat atau mendengar. Namun penelitian membuktikan, mereka dapat mengenali saudaranya dengan menggunakan sinyal senyawa zat kimia yang dikeluarkan lewat akar.
V2budBhPOZ
Sementara itu, riset terbaru yang dilakukan ilmuwan Kanada menemukan bukti baru bahwa tumbuhan pun dapat mengenali pesaingnya.

Tumbuhan akan berlaku baik pada tumbuhan yang menjadi ‘saudara’ mereka. Sebaliknya, kepada yang menjadi pesaingnya, tumbuhan akan berkompetisi dengan cara menumbuhkan lebih banyak akar yang menjangkau dan mengganggu wilayah ‘musuh’. Hal itu dilakukan guna mengambil air dan mineral tanah milik lawannya, sehingga dia dapat tumbuh lebih cepat dan baik dibanding pesaingnya.

Profesor Harsh Bais dari University of Delaware mencari tahu bagaimana tumbuhan dapat mengenali saudaranya.

“Tumbuhan tidak memiliki penanda sensor yang kasat mata. Mereka juga tidak dapat bergerak atau berpindah dari tempat di mana mereka ditanam,” kata Bais seperti dikutip dari Live Science, Rabu (21/10/2009).

Bais bersama dengan rekannya Meredith Biedrzycki melakukan penelitian terhadap populasi Arabidopsis thaliana, yaitu jenis tumbuhan mungil yang sering dijadikan sampel dalam penelitian tentang tumbuhan.

Dalam rangkaian eksperimen yang dilakukan Bais dan Biedzycki benih tanaman diberikan cairan bernama exudate yang dapat merangsang pertumbuhan akar. Mereka kemudian menganalisa perbedaan pertumbuhan akar di sekitar wilayah tumbuhan saudara dan yang menjadi musuh.

Hasilnya diketahui bahwa tumbuhan lebih agresif menumbuhkan dan memanjangkan akar mereka di wilayah musuh. Sedangkan di wilayah tumbuhan yang menjadi saudaranya, akar tumbuhan umumnya pendek-pendek dan tidak mengganggu. (rah)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: